WordPress.com VS. WordPress.org Yang Berhosting Gratis

Saat sekarang ini blog merupakan tempat untuk mencurahkan semua yang ada didalam pikiran kita. Dengan membuat blog, kita lebih tertantang untuk menciptakan kreatifitas baru dalam hal menulis. Tak jarang saat kita baru membuat suatu blog, bahasa yang kita gunakan didalamnya masih terlalu kaku. Kalau menurut saya, itu sudah hal biasa. Berbicara tentang blog, saat sekarang ini sudah banyak sekali developer yang menawarkan jasa pembuatan blog. Dari yang berbayar, hingga yang gratisan. Untuk yang berbayar, tentu fitur dan layanan yang akan kita dapatkan lebih banyak daripada yang gratisan. Tapi tak jarang juga ada yang menawarkan blog gratis namun fitur yang diberikan seperti premium.

Oke..kali ini saya akan membandingkan mana yang lebih baik antara layanan hosting gratis WordPress.com dengan WordPress.org yang menggunakan web hosting gratis. Menurut kamu manakah yang lebih baik??πŸ˜€

Seperti yang kita ketahui WordPress.com dan WordPress.org merupakan layanan yang sama-sama dibuat oleh pihak WordPress. Antara WordPress.com dengan WordPress.org fitur yang disediakan sangat jauh sekali perbandingannya. Kalau kata orang sih, WordPress.org memiliki fitur yang lebih komplit dari WordPress.com. Sedangkan WordPress.com minim fitur. Ya itukan pendapat orang. Kalau menurut saya WordPress.com walaupun fitur yang disediakan sangat terbatas, namun dari segi kinerja dan kualitas WordPress.com bisa mengungguli blog-blog WordPress.org yang menggunakan hosting gratis. Ya…walaupun sama-sama berhosting gratis, namun soal kualitas bisa jauh sekali perbandingannya.

Saat sekarang ini banyak sekali blog WordPress.org yang menggunakan hosting gratis. Web hosting gratis merupakan alternatif yang bisa kita gunakan untuk membuat blog yang berplatform WordPress.org. Sebenarnya, walaupun layanan yang ditawarkan oleh para provider hosting gratis lumayan komplit dan menggiurkan, namun itu semua tak menjamin blog kita bisa bertahan dalam persaingan di dunia maya ini. Paling lama blog WordPress.org yang berhosting gratis bisa bertahan di internet antara 1-2 tahun jika blognya jarang sekali di update. Namun, sebaliknya apabila blognya terus di update dan hosting yang digunakan masih gratisan maka tak sampai 1 tahun blog tersebut akan tergusur oleh blog-blog lainnya. Itu bisa dikarenakan banyak hal, seperti server down, beberapa fitur di disable, atau pun bisa karena account di suspend oleh pihak hosting. Ya,,,semuanya itu merupakan resiko yang harus siap kita hadapi jika menggunakan web hosting gratis. Tak hanya hosting gratis saja yang mengalami hal seperti itu, hosting yang katanya professional pun juga bisa mengalami hal serupa.

Jadi dalam hal ini kita harus lebih cermat dan jeli dalam menentukan hosting yang akan kita pakai. Berbeda dengan WordPress.com, semakin rajin kita menulis di blog kita tak perlu khawatir jika suatu saat nanti server di WordPress.com mengalami down yang mengakibatkan semua tulisan yang kita buat tersebut hilang ataupun terhapus. Sebab, WordPress.com sendiri telah memiliki puluhan tempat penyimpanan database di berbagai belahan dunia. Sehingga kita tak perlu cemas lagi. Nah, inilah yang membedakan antara WordPress.com dengan WordPress.org yang berhosting gratis. Sekali lagi saya katakan fitur dan layanan tak akan menjamin web hosting gratis yang ditawarkan tersebut akan selalu baik. Jadi semua pilihan ada ditangan kamu…πŸ˜€

About M. Fadhly

#Follow Twitter: @MF4dhli #Facebook: Fadhly #Mobile Blog: fadhly.biz

Posted on 10 April 2011, in Informasi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. Bener bgt mas. Cuma yang jadi pembeda besar kalo wordpress.com nga ada fasilitas plug-in. Sedangkan wordpress.org ada. Nah bagi yang suka bermain dengan plugin2 menarik, bakalan kesulitan menggunakan wordpress.com …… Emang bener, pilihan ditangan anda…heheh

    • G ah sob, rata2 blogger yg mnggunakan wp.org jga ahli dlam mengelola wp.com. Sebab, tampilan dan fiturnya hmpir sama antara satu dgn yg lain. Jdi saya rasa apabila kta mnggunakan wp.org, g bakalan kesulitan deh mngurus blog wp.com…πŸ˜€

      • Yup Bro Fadhly. Emang secara tampilan/fitur yang diberikan tidak jauh berbeda antara .org dan .com. Yang sedikit berbeda hanya dari segi teknikal seperti ada tidaknya plug-in. Terus bagi yang mau cari duit lebih, untuk .com tidak bisa dipasang semisal : amazon associates. Karena tidak didukung fasilitas javascript enabled di widgetsnya….

  2. owh, kalau co.cc gratis ya bro?, soalnya saya taunya cuma yang .com gitu,.
    hmmm, tapi mungkin saya mau mengumpulkan ilmu dulu dengan blog sederhana saya sekarang,. terima kasih kunjungan baliknya bro ^_^ link fadhly sudah terpasang,. maaf kemarin kelupaan, hehe,

  3. wah, aku masih bingung antara wordpress.com dan wordpress.org,. setahu saya yang dot org itu yang beli domain ya?,

  4. bagus juga wordpress, sy banyak mendapt ilmunya..

  5. bagus juga wordpress, sy banyak mendapt ilmu…

  1. Ping-balik: Tidak Tergoda Dengan Hosting Gratis Lagi Β« Fadhly

  2. Ping-balik: 1 Tahun Ngeblog Bersama WordPress Β« Fadhly

Hey...sobat!!! Jika ada masalah atau hal yang kurang dimengerti, silahkan tinggalkan sebuah komentar disini. Komentar kamu akan muncul, jika sudah saya APPROVE. Terima kasih... ^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s