Jangan Asal Download Theme

Apa jadinya jika suatu blog tak dilengkapi dengan theme? Pasti tampilan blog kita terkesan sangat monoton, bukan? Tanpa theme mungkin semangat blog kita akan menurun. Saat ini, sudah banyak sekali theme-theme keren yang bertebaran di dunia maya. Jika kita suka, tinggal klik-klik dan theme pun siap di download. Eiitzz….tapi tunggu dulu, jangan sembarang download saja. Mengapa? Walaupun theme yang ada di internet rata-rata gratis, kita jangan terkecoh dengan tampilan luarnya saja. Sebab, kebanyakan theme yang bertebaran di internet telah di edit terlebih dahulu.

Jika kita asal download dan memasangnya di blog begitu saja, bisa jadi blog kita akan terinfeksi virus yang berbahaya. Apabila virus tersebut sudah bersarang di blog kita, tambah runyem deh masalahnya. Untuk pengguna Blogspot juga harus lebih waspada, sebab rata-rata template Blogspot yang ada di Google kebanyakan telah dipasangi iklan-iklan. Kadang kita merasa jengkel juga, templatenya sudah bagus tapi kok ada iklannya. Seandainya ingin menghilangkan iklan-iklan tersebut, kita harus mengedit CSS-nya terlebih dahulu. Bagi orang yang sudah terbiasa dan ahli dalam mengedit CSS pasti tidak akan merasakan kesulitan dalam menghapus iklan-iklan tersebut. Tapi bagaimana kalau orang awam? Hmmm….pastilah akan merasa sedikit kesulitan dalam mencari kode-kode html yang berhubungan dengan iklan-iklan tersebut. Dan jika kita tidak hati-hati dalam mengedit CSS-nya bukan bagus hasil yang di dapat, tapi nanti malah tambah rusak tampilan blog kita.

Tapi ini tak terkecuali theme premium loh. Jangan salah walaupun namanya premium atau pun pertamax….(oalah…emangnya situ mau ngisi minyak?), lanjut…kita juga harus berhati-hati. Sebab, saya melihat theme-theme premium pun sudah banyak di injeksi script-script berbahaya di dalamnya. Pada saat mendownload, antivirus mendeteksi kalau theme tersebut adalah virus. Wah…kalau sudah begini harus cari theme yang lain lagi.๐Ÿ˜•

Saran saya, apabila kamu ingin mendownload theme yang kamu inginkan, carilah situs download theme blog yang sudah terpercaya. Contohnya seperti situs Woothemes atau yang lainnya. Setelah theme di download, cek apakah di dalamnya terdapat script/iframe yang aneh atau tidak. Iframe aneh bisa berbentuk seperti kotak-kotak atau huruf-huruf yang nggak jelas gitu. Jika ditemukan seperti itu, segera hapus. Kalau nggak cari theme yang lain. Dan jika ingin mengetahui apakah theme yang di download tersebut menyimpan virus atau nggak, silahkan scan terlebih dahulu dengan antivirus di komputer atau laptop kamu. Jika memang sudah bersih, barulah dipasang. Oke…mungkin segitu saja tips dari saja, jadi ingat jangan asal download theme.๐Ÿ˜‰


Artikel Lainnya:

About M. Fadhly

#Follow Twitter: @MF4dhli #Facebook: Fadhly #Mobile Blog: fadhly.biz

Posted on 6 Mei 2011, in Informasi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. hmm, ini buat yang wordpress dot org ya?, wah, ternyata di tema ada virusnya juga, baru tahu,. makasih infonya sob,

  2. jadi begitu y…wwaaahhh,,hrus lbih waspada nih..thanks y buat infonya

  3. good info nih… Sy trmasuk orng yg sk gnti” tema..tp msih bljr ngeblog’a jg..

Hey...sobat!!! Jika ada masalah atau hal yang kurang dimengerti, silahkan tinggalkan sebuah komentar disini. Komentar kamu akan muncul, jika sudah saya APPROVE. Terima kasih... ^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s