Tips Sebelum Dan Sesudah Pindah Blog Ke WordPress.Com

Pindah Blog
Seandainya kamu ingin pindah blog dari WordPress.org ke blog WordPress.com ada baiknya kamu memperhatikan point-point berikut secara seksama:

1. Backup Semua Data
Backup data disini maksudnya adalah jika suatu hari nanti kamu ingin pindah blog lagi ke WordPress.org, kamu tidak perlu repot-repot membangun blog WordPress.org dari nol lagi. Kamu hanya perlu mengimport semua datanya saja. Dan sekaligus sebagai antisipasi, bila data-data tersebut terhapus(hilang) secara tiba-tiba.

2. Hapus Semua Link
Di WordPress.com ada beberapa link yang tidak diizinkan untuk dipublikasikan. Maka dari itulah, sebelum kamu pindah ke WordPress.com kamu harus menghapus semua link yang terdapat di blog WordPress.org kamu terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar sewaktu kamu pindah ke WordPress.com blog kamu tidak langsung di suspend oleh pihak WordPress. Kita tidak tau persis berapa banyak link yang ada di blog kita selama ini. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Untuk menghapus semua link, kamu dapat menggunakan plugin Broken Link Checker. Dengan plugin ini kita dapat mengetahui tautan link yang rusak dan sekaligus menghapusnya. Saran saya, jangan terlalu lama menggunakan plugin ini. Sebab, plugin ini dapat memberatkan server kamu. Gunakanlah selama 3-5 menit saja, lalu nonaktifkan lagi pluginnya. Begitulah seterusnya, sampai semua link yang ada di blog kamu berhasil di hapus.

3. Meninjau Ulang Artikel
Setelah semua link berhasil di hapus, point ke tiga yang harus kamu lakukan adalah meninjau(memeriksa) ulang semua artikel kamu. Mengapa? Karena di WordPress.com kita tidak diizinkan untuk menulis artikel tentang SEO maupun periklanan. Jadi, periksalah satu per satu artikel yang ada di blog kamu. Kalau bisa judul dan isinya di edit saja, bila kamu tidak ingin menghapusnya.

4. Mengekspor Semua Data
Nah, apabila point 1-3 sudah dilakukan, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengekspor semua data yang terdapat di blog kamu, baik itu artikel, komentar, tag, dan lain sebagainya.

5. Mengimport Semua Data
Hmm…setelah semua datanya berhasil di ekspor, langkah selanjutnya adalah mengimport data yang telah di ekspor tadi ke blog WordPress.com. Untuk mengimportnya pilih Perkakas > Import

6. Meninjau Ulang Artikel Kembali
Loh..kok meninjau ulang artikel lagi? Tadi kan sudah? Hehe…untuk kali ini, hanya memastikan apakah ada artikel yang terduplikasi atau tidak sewaktu proses importing tadi. Apabila kamu menemukan ada beberapa artikel yang terduplikat, segeralah hapus salah satunya. Itu biasa terjadi, jika koneksi internet kita lambat.

7. Mulai Berkreasi
Hmmm…apabila semua point diatas sudah dilakukan, kini kamu dapat mulai berkreasi menggunakan blog WordPress.com kamu…hore…hore…hehee…:mrgreen:


Artikel Lainnya:

About M. Fadhly

#Follow Twitter: @MF4dhli #Facebook: Fadhly #Mobile Blog: fadhly.biz

Posted on 14 Mei 2011, in Tips & Trik and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Hem…nice artikel sob.
    Penting buat aku nih.
    Rencana memang akan memindah semua postinganku di wp self hosting dulu.
    Karena memang saya ganti dengan artikel baru.
    Dan yang lama akan saya taruh di wp.com agar suatu saat bisa di lihat lagi.he..😀

  2. wah, yang ada malahan saya pindah dari wordpress.com ke wordpress.org, hehe, thanks tipsnya.

Hey...sobat!!! Jika ada masalah atau hal yang kurang dimengerti, silahkan tinggalkan sebuah komentar disini. Komentar kamu akan muncul, jika sudah saya APPROVE. Terima kasih... ^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s