Kotak Komentar WordPress Menjadi 2 Bagian???

Beberapa pekan yang lalu, WordPress telah merubah tampilan kotak komentar yang biasa menjadi luar biasa. Dan pengunjung yang mempunyai akun Facebook dan Twitter pun kini dapat dengan mudah berinteraksi saat berkomentar. Walaupun begitu, ada beberapa isu tentang kotak komentar WordPress yang baru ini. Katanya kotak komentar WordPress terbagi menjadi 2 bagian saat mengaksesnya lewat hp. Benarkah itu? Setelah saya selidiki ternyata benar. Ketika saya mengakses blog saya lewat hp, kotak komentarnya tampak terbagi menjadi 2 bagian. Lihat gambar ini:
Tampilan Kotak Komentar Di Hp

Saya juga tidak tahu mengapa bisa menjadi seperti itu. Padahal jika diakses lewat pc tampilan kotak komentarnya terlihat elegan sekali. Sampai-sampai saya jatuh cinta dibuatnya..hehee. Tapi, walaupun kotak komentarnya terbagi menjadi 2 bagian, pengunjung pun tetap bisa berkomentar kok. Lalu bagaimana cara memberikan sebuah komentar baru di kotak komentar tersebut melalui hp? Hmmmm….caranya sangat mudah, saya jamin deh anda semua bisa melakukannya. Kan anda semua rata-rata orangnya lebih pintar dari saya…hehe. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Pada kotak komentarnya kan ada 2 bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Pilih saja bagian bawah seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Namun, apabila anda menemukan kotak komentarnya berada pada bagian kiri dan kanan dan saling berdampingan, pilih bagian kanan.
Pilih Kotak Bagian Bawah

2. Setelah itu masukkan isi komentar anda pada kotak komentar yang berada pada bagian bawah. Contohnya saya memasukkan isi komentarnya dengan Testing…!!! 123…. Setelah anda memasukkan isi komentarnya, maka nanti akan tereload secara otomatis. Alhasil isi komentar yang anda masukkan pada bagian bawah, akan muncul juga dibagian atas dengan isi yang sama. Dan begitu pula sebaliknya jika anda memasukkan isi komentar anda pada kotak komentar bagian kanan. Lihat gambar:
Masukkan Isi Komentar

3. Kemudian masukkan Email, Nama Anda, dan Alamat Web anda. Yang wajib anda isi hanya Email dan Nama saja, apabila tidak punya alamat Web/Blog silahkan dikosongkan. Penempatan Email, Nama, dan Alamat Web harus seperti gambar dibawah ini. Jika sudah, silahkan klik Post Comment.
Isi Data

4. Dan…komentar anda pun berhasil dikirim. Lihat gambar yang diblok dan lihat juga gambar yang ada kursornya. Seperti itulah nantinya.🙂
Tampilan Komentar

Tampilan Komentar

Oke…deh selamat mencoba ya. Apabila anda masih belum paham ataupun gagal saat melakukannya jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. Nanti saya akan berusaha menjawabnya semampu saya. Good Luck.. ^^


Artikel Lainnya:

About M. Fadhly

#Follow Twitter: @MF4dhli #Facebook: Fadhly #Mobile Blog: fadhly.biz

Posted on 19 Juli 2011, in Tips & Trik and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. Makasi atas info nya gan.. gw dah pasang kotak komentar spt punya agan

  2. Mas Bos gw mau tanya nih? kolom komentar gw diwordoress mau gw ganti tapi gw dah nyerah dah gw otak atik tapi g ada perubahan..tolong mas Bos
    gw dah coba diplugin tapi lum ketemu..kalau boleh tau kotak kolom ini gw cari..namanya apa mas Bos..trim’s

    • Owh… Kalau mau membuat kotak komentarnya seperti ini, silahkan instal plugin IntenseDebate.🙂

      • G keluar juga Bos..IntenseDebate comments apa gmn bos? soalnya banyak pilihannya..

      • Bos dah saya instal..setingannya yang gw g bisa? mohon pencerahannya..trims

        • Ok deh..
          Pertama masuk Dashboard > Settings > IntenseDebate
          Setelah itu pada Log in using… pilih WordPress.com Account. Jika belum punya blog WordPress.com, silahkan buat terlebih dahulu. Kemudian isi datanya:

        • Email/username: isi dengan username/email akun wordpress.com anda
        • Password/user key: masukkan password wordpress.com anda
        • Setelah itu klik Login to IntenseDebate

          Nanti akan muncul tampilan baru berisi pesan Import your WordPress comments into IntenseDebate disitu pilih saja Skip import. Kemudian muncul lagi pemberitahuan baru seperti ini:
          Success! IntenseDebate is now fully activated on your blog.
          Itu berarti pluginnya telah berhasil diaktifkan. Coba lihat perubahan yg terjadi pada kotak komentar anda.🙂

  • aq ngakses dari hp tetep 1 kok bro.. buat jaga2. ini post ane bookmark dulu aja.. oh iya.. pokoknya selalu ingat yang “bawah” ato “kanan”.. hahaha

    hem. pakai like box jg ya.. memang sekarang wp.com canggih punya.. tanpa plugin lagi pula.. mungkin itu karena banyaknya request dari semua member hingga pihak wp.com luluh.. haha
    aq jg pakai kok.. emang ini yg aq tunggu dari pertama ngeblog…

  • Hey...sobat!!! Jika ada masalah atau hal yang kurang dimengerti, silahkan tinggalkan sebuah komentar disini. Komentar kamu akan muncul, jika sudah saya APPROVE. Terima kasih... ^^

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s