Bereksperimen Dengan Rich Snippets Di WordPress.Com

Huahhh…. hampir sepekan ini saya mencoba menerapkan Rich Snippets di blog Fdhly.WordPress.Com ini. Memasang Rich Snippets di WordPress.com memang gampang-gampang susah. Sebab, di WordPress.com kita tidak diperbolehkan untuk mengutak-atik CSS-nya. Kalau mau memodifikasi CSS-nya kita harus membeli Custom Design terlebih dahulu. Wahh… repot yaa…😀

Kesulitannya semakin bertambah, dikarenakan belum adanya pengguna WordPress.com yang me-review mengenai cara memasang Rich Snippets ini. Di mesin pencari, kebanyakan saya menemukan artikel mengenai Rich Snippets ini di ulas oleh pengguna Blogspot. Saya pernah iseng-iseng menerapkan cara memasang Rich Snippets yang ada di Blogspot ke blog WordPress saya ini, tetapi tetap tidak muncul-muncul juga hasilnya di Google.😦

Tetapi saya tidak menyerah sampai disitu. Semangat saya untuk memasang Rich Snippets masih membara. Berbagai macam artikel sudah saya baca, dan tepatnya kemarin pagi (Sabtu, 1 September 2012) saya menemukan sebuah artikel yang sangat menarik sekali tentang cara pemasangan Rich Snippets. Anda bisa membaca ulasannya DISINI.

Lantas, tanpa pikir panjang lagi dengan bermodalkan semangat, saya langsung mencoba menerapkan trik tersebut ke blog ini. Setelah beberapa menit, mengutak-atik kode html-nya. Kemudian saya tes lah blog saya ini di Rich Snippets Testing Tool. Dan ternyata hasilnya lumayan mengejutkan, lihat gambar ini:

Tampilan Rich Snippets

Tak disangka-sangka, ternyata rating bintang, nama pe-review, dan foto profil saya muncul loh. Tapi, itu semua belum menjamin, kalau Google bakalan mengindex halamannya seperti itu. Hohoho…

Pada keterangan dibawahnya di Rich Snippets Testing Tool, menyebutkan bahwa blog saya sudah terverifikasi:

Verified: Authorship markup is verified for this page.

Rich Snippets# Terverifikasi

Yehaa… senang banget. Tapi alangkah senangnya lagi kalau seandainya Rich Snippets saya bisa muncul di Google. Ya, berharap sajalah ya… Heheh…:mrgreen:

Oh, iya… baru kemarin saya mengintegrasikan Rich Snippets ke blog ini, ternyata hasilnya muncul di Google Webmaster Tools khususnya di bagian Lab > Statistik Penulis:

Google Webmaster Tools# Statistik Penulis

Inilah hasilnya:

Google Webmaster Tools# Statistik Penulis

Waw….waw…. sekali lagi saya tercengang melihat hasil tersebut. Di situ tertera 74 halaman, saya nggak tahu artinya apa. Menurut saya sih, yang 74 itu adalah halaman yang berhasil di rayapi oleh Google. Kalau benar begitu, berarti masih butuh waktu yang lama juga agar semua halaman saya bisa di rayapi oleh Google. Sebab, saat ini kurang lebih saya memiliki ratusan halaman.

Dari semua yang telah saya lakukan, saya sangat berharap sekali kalau Rich Snippets saya bisa muncul di pencarian Google. Ya, semoga sajalah. Kalau seandainya berhasil, nanti saya akan kabari. Hehe…..:mrgreen:


Artikel Lainnya:

About M. Fadhly

#Follow Twitter: @MF4dhli #Facebook: Fadhly #Mobile Blog: fadhly.biz

Posted on 2 September 2012, in Informasi and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. obat kanker paru paru

    gimana itu caranya

  1. Ping-balik: Tentang Iklan Di Blog Ini « Fadhly

  2. Ping-balik: Saatnya Mencoba Blogspot « Fadhly

Hey...sobat!!! Jika ada masalah atau hal yang kurang dimengerti, silahkan tinggalkan sebuah komentar disini. Komentar kamu akan muncul, jika sudah saya APPROVE. Terima kasih... ^^

